Begini Cara Lubang Gigi Terbentuk.

Bagi siapapun yang pernah sakit gigi, pasti akan setuju bahwa sakit gigi terasa sangat menyakitkan. Kombinasi antara nyeri nyut-nyut dengan sakit kepala membuat siapapun yang sedang sakit gigi akan merasa stres.

Umumnya, sakit gigi seringkali disebabkan oleh munculnya lubang kecil yang kemudian lama-lama membesar. Bahkan sekitar 90% orang pernah mengalami gigi berlubang.

Lantas, bagaimana cara lubang di gigi terbentuk?

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com, gigi berlubang di dua lapisan luar gigi. Kedua lapisan ini sendiri berfungsi untuk melindungi jaringan dalam gigi dimana saraf dan pembuluh darah berada. Kemudian bakteri yang terkumpul karena kebersihan di dalam mulut tidak maksimal akan membentuk rongga dan saat mengenai saraf, muncullah rasa nyeri atau sakit gigi.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan munculnya lubang di gigi seperti kebiasaan mengonsumsi makanan keras yang akhirnya mengikis lapisan gigi, mulut yang kering, hingga rendahnya kualitas kebersihan mulut.

"Selain butuh suntikan vitamin D untuk memperkuat gigi, di sisi lain mulut yang kering atau kekurangan air liur juga berkontribusi untuk membuat gigi berlubang. Sebabnya air liur berfungsi untuk membersihkan jamur dan bakteri yang bisa membentuk lubang di gigi.
Previous
Next Post »